Kamis, 25 April 2013

tugas ke-2


ALAT-ALAT KESEHATAN
Alat – Alat Kesehatan
Bagi seseorang yang bekerja di dunia medis/dunia kesehatan, alat – alat kesehatan merupakan sesuatu yang mutlak harus dikenal dan untuk beberapa profesi juga harus memiliki alat – alat kesehatan. Terlebih bagi seorang dokter, alat – alat kesehatan harus selalu tersedia di ruang praktek. Selain itu, mereka juga harus mengikuti perkembangan alat – alat kesehatan. Karena sudah pasti alat – alat kesehatan akan mengikuti perkembangan teknologi.

Berikut ini adalah alat – alat kesehatan yang bisa kita dapatkan di sekitar kita:

ALAT PENGUKUR TEKANAN DARAH

Alat pengukur tekanan darah atau yang biasa dikenal dengan tensimeter merupakan alat kesehatan basic yang harus dimiliki bukan hanya oleh dokter tapi juga terkadang rumah tangga yang peduli dengan kesehatan pasti selalu menyediakan alat ini di rumah. Bila dulu untuk mengukur tekanan darah menggunakan alat manual, maka saat ini sudah terdapat tensimeter berbentuk digital yang hasilnya lebih akuran dan cara penggunaannya lebih praktis.

# ALAT PENGUKUR GULA DARAH

Biasanya alat kesehatan ini dimiliki oleh keluarga yang anggota keluarganya terkena penyakit Diabetes Melitus atau biasa juga ditemui di pusat – pusat kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, dll. Alat pengukur gula darah terbaru biasanya juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengukur kadar kolesterol dan juga asam urat.

# STETHOSCOPE

Ini juga merupakan alat kesehatan yang mutlak harus dimiliki oleh dokter dan tenaga kesehatan yang lain. Alat ini digunakan untuk mendengarkan bunyi yang timbul dari dalam rongga tubuh  yang akhirnya digunakan sebagai dasar untuk mempelajari serta mendeteksi penyakit pasien.

# HEAD BAND, HEAD LAMP, HEAD MIRROR
Fungsi dari alat ini adalah untuk memeriksa rongga tenggorokan, rongga telinga, mata, dll. Selain sebagai alat kedokteran, alat ini juga digunakan para pekerja tambang yang berfungsi sebagai penerangan.

# TONGUE SPATEL

Alat ini digunakan untuk menekan lidah pasien sehingga keadaan di dalam tenggorokan bisa terlihat dengan jelaS.
                                                            CT-SCAN

CT Scan atau terkadang disebut juga CAT Scan merupakan suatu tes medis yang dapat membantu dokter untuk mendiagnosis suatu kondisi medis dan mengobatinya. CT Scan menggabungkan antar sinar-X khusus  dengan peralatan komputer canggih untuk menghasilkan gambar bagian dalam tubuh. Gambar akan memperlihatkan penampang dari daerah yang sedang dipelajari dan selanjutnya dapat diperiksa pada monitor komputer atau dicetak. Hasil gambar dari CT Scan untuk organ dalam, tulang, jaringan lunak dan pembuluh darah terlihat lebih jelas dan lebih detail serta menyediakan informasi yang lebih rinci mengenai cedera kepala.





                                                                               COLONOSCOPY
                                                               
Kolonoskopi (colonoscopy) adalah suatu prosedur yang memungkinkan seorang pemeriksa (biasanya seorang gastroenterolog) untuk mengevaluasi bagian dalam kolon (usus besar). Kolonoskop adalah tabung panjang yang fleksibel setebal jari yang memiliki kamera dan sumber cahaya di ujungnya. Ujung kolonoskop dimasukkan ke anus dan kemudian dimajukan perlahan, di bawah kontrol visual, ke dalam rektum dan melalui usus biasanya sejauh sekum, yang merupakan bagian pertama dari usus besar.

                                                                                X-RAY
X-Ray adalah sebentuk radiasi elektromagnetik, serupa dengan cahaya yang kita lihat, radiasi inframerah, microwave, dan gelombang radio. Tapi, dibanding semua bentuk radiasi tersebut, sinar-X memiliki lebih banyak energi. Sebuah photon sinar-X bisa ratusan atau bahkan ribuan kali lebih berenergi dibanding photon cahaya lampu biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar